Thursday, February 23, 2012

Empat Kategori Model Pembelajaran menurut Joyce dan Weil

Megenang Lomba Inovasi Pembelajaran di LPMP dengan model pembelajaran yang saya lombakan adalah lebih menekankan pada titik meminimalisasikan miskonsepsi siswa pada geometri bangun datar, yang syukur alhamdulilah dapat urutan juara dua dengan juri satu dari dinas pendidikan provinsi bengkulu dan dua dosenku tercinta bapak agus susanta dan bapak rusdi dari UNIB.
Terlepas apakah metode mengajar guru yang lebih ketat terhadap pemahaman yang benar oleh siswa terhadap sebuah konsep masuk kedalam salah satu model pembelajaran secara teoriis  atau tidak saya sendiri juga tidak tahu, maklum karena lupa akan definisi Model Pembelajaran yang sebenarnya anda dapat menyimpulkan dari paparan berikut ini.

Pengertian Model Pembelajaran

Kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu. Pembelajaran merupakan kegiatan secara aktif kreatif seorang guru sehingga siswa mau belajar dari sebuah matapelajaran yang diampunya. 

Empat Kategori Model Pembelajaran menurut Joyce dan Weil (1986)

Kelompok Model Pengolahan informasi." The Information Processing Models"
Beberapa model yang termasuk kedalam kelompok ini adalah:
  1. Pencapaian Kosep
  2. Berpikir Induktif
  3. Latihan Penelitian
  4. Pemandu Awal
  5. Memorisasi
  6. Pengembangan Intelek
  7. Penelitian Ilmiah

Kelompok Model Personal."Personal Models"
Beberapa model yang termasuk kedalam kelompok ini adalah:
  1. Pengajaran Tanpa Arahan
  2. Sinteksis
  3. Latihan Kesadaran
  4. Pertemuan Kelas

Kelompok Model Sosial"Social Models"
Beberapa model yang termasuk kedalam kelompok ini adalah:
  1. Investigasi Kelompok
  2. Bermain Peran
  3. Penelitian Juris prudensial
  4. Latihan Laboratoris
  5. Penelitian Ilmu Sosial

Kelompok Model Sistem Prilaku."Behavioral Systems Models"
Beberapa model yang termasuk kedalam kelompok ini adalah:
  1. Belajar Tuntas
  2. Pembelajaran
  3. Belajar Kontrol Diri
  4. Latihan Pengembangan Keterampilan dan Konsep
  5. Latihan Asentif

No comments:

Post a Comment