Sunday, May 26, 2013

Tips Mengikuti UKG Matematika

Materi UKG Matematika 2013, didasarkan pada Indikator Esensial yang telah ditentukan, kalau saya hitung semuanya ada 80 an.

Bagi Bapak Ibu guru Matematika yang akan mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru), Berikut ini Indikator Esensial untuk Soal UKG Guru Matematika Tahun 2013, berdasarkan dari indikator ini Bapak Ibu guru dapat mencari Materi sebagai bahan belajar.

  1. Memanfaatkan potensi kognitif yang dimiliki oleh peserta didik dalam mendukung pembelajaran matematika yang efektif  
  2. Mengidenfikifasi kemampuan awal yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran suatu topik/konsep matematika
  3. Mengenali ide atau konsep teori belajar Vigotsky  
  4. Mengidentifikasi kegiatan pembelajaran yang  sesuai dengan teori belajar tertentu (Bruner dan Ausuble)  
  5. Mengidentifikasi prinsip pembelajaran dengan pendekatan tertentu (Pendidikan Matematika Realistik, pembelajaran kontekstual, atau pembelajaran berbasis masalah)  
  6. Mengidentifikasi pihak yang menyusun silabus  
  7. Menentukan fungsi atau kegunaan RPP
  8. Menentukan langkah‐langkah penyusunan instrumen penilaian hasil belajar
  9. Menentukan urutan penyampaian materi pembelajaran berdasarkan hirarkhi materi matematika dan kesiapan siswa untuk mendukung pencapaian sandar kompetensi tertentu  
  10. Melakukan evaluasi pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian kompetensi hasil belajar
  11. Memilih teknologi yang sesuai untuk membantu proses belajar mengajar matematika di SMP  
  12. Memilih teknologi yang sesuai untuk membantu proses belajar mengajar matematika di SMA  
  13. Menganalisis  kegiatan  siswa dengan pemberian berbagai latihan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah  
  14. Menganalisis  kegiatan  siswa dengan pemberian berbagai latihan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah   
  15. Menganalisis kegiatan matematika rekreasi guna mengaktualisasikan potensi siswa  
  16. Memilih teknik bertanya yang tepat guna mengaktifkan iklim pembelajaran
  17. Menerapkan komunikasi yang mendidik pada pembelajaran kooperatif
  18. Menentukan prinsip penilaian yang diacu pada suatu permasalahan atau kasus pengolahan hasil penilaian  proses dan hasil belajar matematika
  19. Menentukan teknik penilaian proses dan hasil belajar pada  peristiwa  kegiatan pembelajaran
  20. Menentukan persyaratan penyusunan instrumen penilaian berdasarkan suatu kasus/peristiwa pengembangan instrumen penilaian  di satuan pendidikan  
  21. Menentukan macam tahapan program remedial mengacu  Standar Penilaian
  22. Menentukan macam hasil penilaian yang  dikomunikasikan/ dilaporkan kepada pimpinan satuan pendidikan untuk diteruskan kepada orangtua/wali peserta didik berdasarkan tugas pendidik dalam mengelola penilaian mengacu pada Standar Penilaian
  23. Memilih kegiatan yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi
  24. Menentukan komponen pembelajaran  yang perlu diperbaiki berdasarkan hasil refleksi pembelajaran satu kompetensi dasar (KD) matematika
  25. Menentukan jenis bilangan pada suatu akar kuadrat  
  26. Menggunakan konsep barisan dan deret untuk menyesaikan masalah matematika
  27. Menganalisis  hubungan persamaan polinomial, pembagi,  dan sisa pembagiannya  
  28. Menaksir (menduga) hasil operasi beberapa bilangan  
  29. Membandingkan beberapa hasil operasi dua bilangan
  30. Memutuskan di antara bangun‐bangun yang mempunyai luas/keliling terbesar jika diketahui keliling/luasnya sama
  31. Mengidentifikasi pernyataan
  32. Menentukan ingkaran suatu pernyataan majemuk
  33. Menentukan pernyataan yang ekuivalen dengan pernyataan yang diketahui
  34. Mengidentifikasi sifat‐sifat atau karakteristik bangun datar
  35. Menentukan ukuran sudut suatu segi-banyak
  36. Menyelesaikan masalah terkait luas bangun datar  
  37. Dapat menggunakan konsep rata‐rata untuk menyelesaikan masalah  
  38. Dapat menggunakan aturan kombinasi untuk menyelesaikan masalah  
  39. Dapat menggunakan pola bilangan untuk menyelesaikan masalah  
  40. Dapat menentukan persamaan garis lurus  
  41. Dapat  menerapkan konsep fungsi linear untuk menyelesaikan masalah
  42. Dapat menerapkan sifat fungsi linear
  43. Memfaktorkan suku banyak
  44. Menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel  
  45. Menggunakan sifat-sifat barisan aritmetika untuk menyelesaikan soal
  46. Menggunakan sifat akar‐akar persamaan kuadrat untuk menyelesaikan soal
  47. Menentukan invers komposisi dua fungsi
  48. Menghitung luas daerah yang dibatasi oleh 2 grafik fungsi yang diketahuibeberapa titik yang dilaluinya
  49. Menghitung nilai limit fungsi aljabar
  50. Menentukan banyaknya bilangan dengan menerapkan aturan/kaidah pencacahan
  51. Menentukan nilai peluang suatu kejadian
  52. Mennggunakan hukum De’ Morgan untuk menentukan banyaknya anggota suatuhimpunan  
  53. Menggunakan perbandingan trigonometri untuk menghitung nilai sinus suatu sudut  
  54. Menggunakan aturan sinus untuk menentukan luas segitiga  
  55. Diketahui nilai sinus suatu sudut, guru dapat menghitung nilai tangen sudut lain yang berkaitan dengan sudut tersebut
  56. Menggunakan nilai maksimum fungsi trigonometri dalam menyelesaikan masalah
  57. Menentukan hasil kali bilangan dengan vektor
  58. Menghitung nilai hasil kali suatu matriks
  59. Menentukan nilai determinan suatu matriks ordo 3 x 3
  60. Diketahui 2 vektor tertentu dan proyeksi skalar salah satu vektor terhadap vektor yang lain, guru dapat menentukan nilai kosinus sudut yang diapit oleh 2 vektor tersebut.
  61. menjelaskan proses penemuan rumus barisan/deret  
  62. Memilih alat ukur yang tepat untuk membantu pembelajaran matematika
  63. Menganalisis penggunaan MS Excell untuk menyajikan data
  64. Mengetahui tujuan pembelajaran matematika
  65. Menentukan keberadaan standar kompetensi, kompetensi dasar, atau indikator berdasarkan KTSP
  66. Menganalisis indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar
  67. Menentukan indikator dari suatu kegiatan belajar yang diberikan
  68. Merancang pembelajaran secara kreatif pembelajaran pada suatu topik tertentu  
  69. Memahami kriteria soal/masalah yang disajikan kepada siswa
  70. Menelaah konteks sebagai pemicu proses pembelajaraan
  71. Mengidentifikasi kegiatan‐kegiatan refleksi atas kinerja sendiri
  72. Menjelaskan bentuk tindak lanjut dari kegiatan refleksi atas kinerja seorang guru
  73. Mengidentifikasi karakteristik penelitian tindakan kelas (PTK)  
  74. Mengidentifikasi aspek yang sesuai pada suatu komponen proposal penelitian tindakan kelas  
  75. Mengidentifikasi tindakan yang tepat untuk mensikapi atau menghadapi perkembangan zaman
  76. Menentukan prosedur pengiriman atau penerimaan/down load file via e‐mail
  77. Menggunakan software aplikasi Internet untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui Internet  
  78. Menjelaskan kegunaan berbagai aplikasi Internet yang berkaitan dengan pengembang profesi sebagai guru matematika di SMP
  79. Menjelaskan kegunaan berbagai aplikasi Internet yang berkaitan dengan pengembang profesi sebagai guru matematika di SMA
  80. Menggunakan berbagai fasilitas di Internet untuk mendukung pengembangan profesi sebagai guru matematika di SMA

Persoalan yang di munculkan biasanya berupa soal bersifat problem solving atau pemecahan masalah yang belum pernah dikerjakan atau di munculkan, namun tidak menutup kemungkinan juga ada soal hafalan.

Semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai tertinggi.

Kutuliskan buat istriku tercinta Evi Indiani dan juga teruntuk semua rekan guru seindonesia yang mengajar matematika.

ayoooo bongkar gudang penyimpanan buku dan search di internet siapa tahu materi yang kita baca memberikan inspirasi dalam menyelesaikan soal nan persoalan pendidikan kita terutama menjawab tantangan di era globalisasi, jaman canggih. jamannya malas bergerak dan malas mikir bagi yang konsumtif.

Ayooooo aktifffffffffffffffffffffffff jangan pasifffffffffff

Terimakasih kawan atas perhatiannya terhadap kompetensi anda. semoga semakin mencerdaskan kehidupan bangsa.

No comments:

Post a Comment