Friday, March 29, 2013

Deskripsi Garis Singgung Lingkaran

Garis singgung lingkaran atau disingkat (gs).
Dalam gs ada jarak antara titik pusat lingkaran satu dg lingkaran(jat)
Jari jari ling besar (R)
Jari jari ling kecil (r)
dalam mempelajari gs siswa sekalian harus mampu :
1. menghitung kurang tambah dan kuadrat akar kuadrat guna menghitung esensi teorema pythagoras. Serta setelah fasih gunakan triple phitagoras.
2. menentukan sisi terpanjang pada persoalan soal gs. Serta mampu merumuskannya.
3. Lihai membedakan rumus R dan r pada gs dalam maupun gs luar.
4. mahir olah pythagoras pada persoalaan gs.

Bagaimana memahamkan bukan mengajak siswa menghapalkan ataupun bila terpaksa menghapalkan bagai mana menghapalkan yang bermakna bg siswa sekalian sehingga mudah dingat kembali.

Thursday, March 21, 2013

Kesulitan Siswa SMPN10MM Dalam Pemecahan Masalah Matematika

Memeperhatikan siswa yang lebih suka pada soal rutin, dari pada soal soal segar yang menantang.
Kemungkinan para siswa dalam proses belajar mengajar belum terbangun konsep matematisnya secara terintegratif sehingga soal pemecahan masalah menjadi hal yang sulit. Belajar menghafal sebagai kebiasaan bangsa terjajah merupakan kendala terbesar bagi siswa.

Mengingat Rumus Hitungan Berpangkat dengan Angka Kecil.

lupa adalah hal lumrah dalam belajar. jadi ingat dengan ungkapan adik tingkatku si toni yang sama sama belajar di unib yang kata vina sitoni berujar"banyak belajar banyak lupa, sedikit belajar sedikit lupa, biar banyak yang tidak lupa makanya gak usah belajar." trik toni dalam berkelakar.
tentang belajar yang didasarkan hanya menghafal rumus matematikanya kemudian dia gunakan untuk persoalan yang muncul diujian adalah hal yang sah sah saja, toh ara beberaapa rumus yang memaang cuma bisa di hapal dan tak bisa dipahami. tapi jangan lupa membayangkan hal yang nyata untuk menyederhanakan atau mengkonkritkan rumus dengan lingkungan atau lingkungan fikir kita adalah salah satu keuntungan yang nyata untuk mematrikan rumus hafalan.
seorang pegawai pt agrecinal bercerita kepada teman sma saya di putri hijau yaitu almarhum basuki, katanya untuk menghapal rumur harus memanfaatkan momen yang berkesan. misalnya sedang berkelahi sambil belajar rumus yang sedang hangat hangatnya diajarkan gurunya.

sewaktu les sore sabtu 1 maret 2013 saat membahas soal tryout tentang soal eksponensial bentuk
"a pangkat n kali b pangkat n"
banyak anak yang menjawab
a kali b pangkat n tambah n
mengapa
jawabnya pangkatnya ditambahkan dan bilangan pokonya dikalikan pak.
ok.
saya munculkan angka 2 DAN 3 YANG KEMUDIAN SAYA TULISKAN (2 pangkat 2) kali (3 pangkat 2)
gunanya untuk membawa anak memformulasikan ke arah (ab)^n bacanya ab pangkat n.
dengan terlebih dahulu mencoba menghitunya akan dihasikkan angka 32 yang merupakan 6^2.
begitu juga untuk yang berbentuk (a^m x a^m)=(a)^mn
awas tanda ^ dibaca pangkat.

Friday, March 15, 2013

malas berhitung dan malas berlogika

lengkaplah sudah kiranya jika anda tidak suka matematika karena disebabkan oleh keengganan berlogika dan menyatakan logika anda dengan  beberapa hitungan yang sederhana.
sebelum semua itu terjadi, penulis temukan pola belajar matematika yang salah adalah siswa selain dikondisikan untuk menghapal rumus juga mengerjakan soal dengan dosis hitungan angka yang rumit. sehinggga muncul rasa neg pada matematika yang terkesan garing.
mengajak berlogika sederhana dalam rangka mengotak atik rumus yang akhirnya anak diajak menyimbolkan sebagai rumus adalah hal menarik bagi siswa maupun guru. namun ingat kita butuh energi dan waktu yang banyak untuk  memahamkan siswa. yakinlah hasilnya akan terpatri sampai kapanpun.

Sulitnya tulisan matematika dalam blog

Matematika tak lepas dari menuliskan simbol lambang dan gambar dari sebuah bangu datar maupun bangun ruang.
Keterbatasan menulis blog di mobile/hape/smarphone menjadi tantanfan tersendiri bagiku yabg seorang guru natematika.

Untuk menulis matematika lebih leluasa di laptop dengan cars install windows life ambil install windows write. Dengan demikian kita dapat mengetik permasalahan matematika scara ekspresif di ns.word baru di copaste di blog kita. Ohya aplikadi windows write bisa berblog secara ofline. Baru jika ada sempat di publish disaat jaringan lancar.

Tuesday, March 12, 2013

Cambria Match

Cambria Match adalah font dalam ms.word pada microsoft office.

Standar ukuran huruf pada insert equation pada ms.word biasanya cambria match sehingga biar penulisan serasi maka dalam penulisan teks yang berhubungan dengan matematika harus menggunakan cambria match.

Hal ini diperoleh dari diklat yang diselenggarakan oleh www.p4TKMatematika.org
Demikianlah anjuran buat guru matematika yang ingin membuat tilosan yang berhubungan dengan tulisan matematika untuk mengindahkannya.

Triple phitagoras

Phitagoras erat kaitanya dengan bentuk segitiga siku siku. Siku siku berarti ada sisi segitiga yang sasinya saling tegek lurus.  segitiga punya sisi tiga buah lho. Begitu pula segitiga siku siku. Selain dua sisi yang saling tegak luris, ada juga sisi yang miring yang merupakan sisi terpanjang pada segitiga tersebut.
Ingat segitiga siku siku ada dua sisi saling tegak lurus dan satu lagi sisi miringnya.
Belajar triple phitagoras harus belajar dulu phitagorasnya.
Belajar phitagoras sok pasti udah mahir berhitung "kuadrat,kurang tambah"

Triple phitagoras antara lain :
3, 4, / 5   dan kelipatannya
5, 12, /13  dan kelipatannya
7, 24, / 25  dan kelipatannya
8, 15, / 17  dan kelipatannya
9, 40, / 41  dan kelipatannya
dst.
Misal ada segitiga siku siku sisinya 6 dan 8. Berapakah sisi miringnya?
Jawabya
Diket 6, 8
merupakan kelipatan dua dari 3, 4, 5 maka kelupatannya
6, 8 dan
10.

Atau dg phitagoras juga sama.
Sisi miring=akar kuadrat dari (6 kuadrat + 8 kuadrat)= 10.

phitagoras atau triplenya dimanfaatkan untuk menyelesaikan volum limas jika:
cari dulu garis tinggi limas jika garis sisi tegaknya diketahui, sehingga volumnya dapat dihitung.
Dlll
Cari dulu diagonal lainnya jika

Friday, March 8, 2013

Mengingat rumus bangun ruang lancip

Bangun ruang di pelajari dikelas 8 dan 9. Kelas 8 mempelajari yang bangun ruang sisi datar, sedangkan dikelas 9 mempelajari bangun ruang sisi lengkung.
1.Bangun Ruang sisi datar ={kubus, balok, prisma,limas}
2.Bangun Ruang sisi lengkung = {tabung, kerucut, bola}

KONSEP DASAR VOLUM
Apapun bangunnya pasti volumnya luas alas x tinggi.
Jangan menghapal rumus secara buta. Harus terlebih dahulu ada ritual memahami kejadian rumusnya.
Penguasaan siswa dalam menentukan luas alas suatu bangun sungguh sangat dibutuhkan guna menentukan volume bangun ruang.

Dianjurkan kepada bapak ibu guru untuk mengingatkan kembali beberapa luas bangun datar yang sering digunakan dalam mempelajari volum bangun ruang.

BANGUN RUANG SISI DATAR
Volum Kubus.
Belajar kubus pasti belajar juga persegi. Karena sisi pembentuk kubus adalah terdiri dari 6 sisi persegi.
V=La x t,
dimana La=luas persegi=s x s
                  t= dama dg s maka
V=sxsxs

Masalah yang muncul dalam menentukan volum siatu bangun ruang dihadapkan pada kesulitan siswa menentukan:
1. Tinggi.
2. Jari-jari
3. berhitung desimal
4. Tidak mengkaitkan antara rumus satu dengan lainnya.
5. kesulitan spasial.

Thursday, March 7, 2013

Sudut pusat sudut keliling

Belajar sudut pusat dan sudut keliling lingkaran sungguh sangat mudah dalam menghitungnya tapi sulit memperhitungkannya jika diberikan masalah yang kompleks.
Sebenarnya pengen menggambarakannya lebih detail tunggu posting update lewat pc.

Sudut keliling = 1/2 dari sudut pusat
Dan sebaliknya
Sudut pusat =2 kali sudut keliling

Mudah bukan. Sedangkan persoalan ini selalu muncul di UN.

Friday, March 1, 2013

Cek data guru di internet

Verifikasi Data Guru
Ini contoh verifikasi data guru. Di alamat

http://116.66.201.163:8083/info.php

Untuk memasuki cek harus memasukkan NUPTK dg pasowrd tahun bulan tanggal lahir yyyymmdd.

Perbaikan data kita, harus melalui aplikasi data dapodik bg guru sd smp.
Untuk sma smk dapat dilakukan pada aplikasi pas.