Mengembalikan Resolusi Monitor yang
kebesaran
1. Restart komputer.
2. Sebelum masuk ke jendela loading
windows cepat-cepat menekan tombol F5
atau F8 untuk memunculkan menu pilihan
type booting windows.
3. Jika sudah muncul menu type booting,
maka pilih booting “Enable VGA Mode” dan
tekan enter.
4. Biarkan windows loading seperti biasa,
setelah masuk windows nanti tampilan layar
dan gambar icon desktop akan menjadi
besar-besar. Jika sudah seperti ini maka
settingan resolusi desktop sudah menjadi
normal kembali dengan resolusi terkecil
(biasanya 800 x 600).
5. Setting ulang dan kembalikan resolusi
monitor seperti sediakala (misalnya setting
resolusinya menjadi 1024 x 768).
Settingnya yaitu klik kanan Desktop pilih
Properties. Setelah jendela properties
muncul pilih tab settings kemudan atur
resolusinya menjadi 1024 x 768, kemudian
tekan tombol Ok.
6. Restart komputer dan selamat monitor
anda kembali normal.
Friday, May 31, 2013
Mengembalikan Resolusi Monitor Kegedean
Sunday, May 26, 2013
Tips Mengikuti UKG Matematika
Materi UKG Matematika 2013, didasarkan pada Indikator Esensial yang telah ditentukan, kalau saya hitung semuanya ada 80 an.
Bagi Bapak Ibu guru Matematika yang akan mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru), Berikut ini Indikator Esensial untuk Soal UKG Guru Matematika Tahun 2013, berdasarkan dari indikator ini Bapak Ibu guru dapat mencari Materi sebagai bahan belajar.
- Memanfaatkan potensi kognitif yang dimiliki oleh peserta didik dalam mendukung pembelajaran matematika yang efektif
- Mengidenfikifasi kemampuan awal yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran suatu topik/konsep matematika
- Mengenali ide atau konsep teori belajar Vigotsky
- Mengidentifikasi kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan teori belajar tertentu (Bruner dan Ausuble)
- Mengidentifikasi prinsip pembelajaran dengan pendekatan tertentu (Pendidikan Matematika Realistik, pembelajaran kontekstual, atau pembelajaran berbasis masalah)
- Mengidentifikasi pihak yang menyusun silabus
- Menentukan fungsi atau kegunaan RPP
- Menentukan langkah‐langkah penyusunan instrumen penilaian hasil belajar
- Menentukan urutan penyampaian materi pembelajaran berdasarkan hirarkhi materi matematika dan kesiapan siswa untuk mendukung pencapaian sandar kompetensi tertentu
- Melakukan evaluasi pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian kompetensi hasil belajar
- Memilih teknologi yang sesuai untuk membantu proses belajar mengajar matematika di SMP
- Memilih teknologi yang sesuai untuk membantu proses belajar mengajar matematika di SMA
- Menganalisis kegiatan siswa dengan pemberian berbagai latihan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah
- Menganalisis kegiatan siswa dengan pemberian berbagai latihan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah
- Menganalisis kegiatan matematika rekreasi guna mengaktualisasikan potensi siswa
- Memilih teknik bertanya yang tepat guna mengaktifkan iklim pembelajaran
- Menerapkan komunikasi yang mendidik pada pembelajaran kooperatif
- Menentukan prinsip penilaian yang diacu pada suatu permasalahan atau kasus pengolahan hasil penilaian proses dan hasil belajar matematika
- Menentukan teknik penilaian proses dan hasil belajar pada peristiwa kegiatan pembelajaran
- Menentukan persyaratan penyusunan instrumen penilaian berdasarkan suatu kasus/peristiwa pengembangan instrumen penilaian di satuan pendidikan
- Menentukan macam tahapan program remedial mengacu Standar Penilaian
- Menentukan macam hasil penilaian yang dikomunikasikan/ dilaporkan kepada pimpinan satuan pendidikan untuk diteruskan kepada orangtua/wali peserta didik berdasarkan tugas pendidik dalam mengelola penilaian mengacu pada Standar Penilaian
- Memilih kegiatan yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi
- Menentukan komponen pembelajaran yang perlu diperbaiki berdasarkan hasil refleksi pembelajaran satu kompetensi dasar (KD) matematika
- Menentukan jenis bilangan pada suatu akar kuadrat
- Menggunakan konsep barisan dan deret untuk menyesaikan masalah matematika
- Menganalisis hubungan persamaan polinomial, pembagi, dan sisa pembagiannya
- Menaksir (menduga) hasil operasi beberapa bilangan
- Membandingkan beberapa hasil operasi dua bilangan
- Memutuskan di antara bangun‐bangun yang mempunyai luas/keliling terbesar jika diketahui keliling/luasnya sama
- Mengidentifikasi pernyataan
- Menentukan ingkaran suatu pernyataan majemuk
- Menentukan pernyataan yang ekuivalen dengan pernyataan yang diketahui
- Mengidentifikasi sifat‐sifat atau karakteristik bangun datar
- Menentukan ukuran sudut suatu segi-banyak
- Menyelesaikan masalah terkait luas bangun datar
- Dapat menggunakan konsep rata‐rata untuk menyelesaikan masalah
- Dapat menggunakan aturan kombinasi untuk menyelesaikan masalah
- Dapat menggunakan pola bilangan untuk menyelesaikan masalah
- Dapat menentukan persamaan garis lurus
- Dapat menerapkan konsep fungsi linear untuk menyelesaikan masalah
- Dapat menerapkan sifat fungsi linear
- Memfaktorkan suku banyak
- Menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel
- Menggunakan sifat-sifat barisan aritmetika untuk menyelesaikan soal
- Menggunakan sifat akar‐akar persamaan kuadrat untuk menyelesaikan soal
- Menentukan invers komposisi dua fungsi
- Menghitung luas daerah yang dibatasi oleh 2 grafik fungsi yang diketahuibeberapa titik yang dilaluinya
- Menghitung nilai limit fungsi aljabar
- Menentukan banyaknya bilangan dengan menerapkan aturan/kaidah pencacahan
- Menentukan nilai peluang suatu kejadian
- Mennggunakan hukum De’ Morgan untuk menentukan banyaknya anggota suatuhimpunan
- Menggunakan perbandingan trigonometri untuk menghitung nilai sinus suatu sudut
- Menggunakan aturan sinus untuk menentukan luas segitiga
- Diketahui nilai sinus suatu sudut, guru dapat menghitung nilai tangen sudut lain yang berkaitan dengan sudut tersebut
- Menggunakan nilai maksimum fungsi trigonometri dalam menyelesaikan masalah
- Menentukan hasil kali bilangan dengan vektor
- Menghitung nilai hasil kali suatu matriks
- Menentukan nilai determinan suatu matriks ordo 3 x 3
- Diketahui 2 vektor tertentu dan proyeksi skalar salah satu vektor terhadap vektor yang lain, guru dapat menentukan nilai kosinus sudut yang diapit oleh 2 vektor tersebut.
- menjelaskan proses penemuan rumus barisan/deret
- Memilih alat ukur yang tepat untuk membantu pembelajaran matematika
- Menganalisis penggunaan MS Excell untuk menyajikan data
- Mengetahui tujuan pembelajaran matematika
- Menentukan keberadaan standar kompetensi, kompetensi dasar, atau indikator berdasarkan KTSP
- Menganalisis indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar
- Menentukan indikator dari suatu kegiatan belajar yang diberikan
- Merancang pembelajaran secara kreatif pembelajaran pada suatu topik tertentu
- Memahami kriteria soal/masalah yang disajikan kepada siswa
- Menelaah konteks sebagai pemicu proses pembelajaraan
- Mengidentifikasi kegiatan‐kegiatan refleksi atas kinerja sendiri
- Menjelaskan bentuk tindak lanjut dari kegiatan refleksi atas kinerja seorang guru
- Mengidentifikasi karakteristik penelitian tindakan kelas (PTK)
- Mengidentifikasi aspek yang sesuai pada suatu komponen proposal penelitian tindakan kelas
- Mengidentifikasi tindakan yang tepat untuk mensikapi atau menghadapi perkembangan zaman
- Menentukan prosedur pengiriman atau penerimaan/down load file via e‐mail
- Menggunakan software aplikasi Internet untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui Internet
- Menjelaskan kegunaan berbagai aplikasi Internet yang berkaitan dengan pengembang profesi sebagai guru matematika di SMP
- Menjelaskan kegunaan berbagai aplikasi Internet yang berkaitan dengan pengembang profesi sebagai guru matematika di SMA
- Menggunakan berbagai fasilitas di Internet untuk mendukung pengembangan profesi sebagai guru matematika di SMA
Persoalan yang di munculkan biasanya berupa soal bersifat problem solving atau pemecahan masalah yang belum pernah dikerjakan atau di munculkan, namun tidak menutup kemungkinan juga ada soal hafalan.
Semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai tertinggi.
Kutuliskan buat istriku tercinta Evi Indiani dan juga teruntuk semua rekan guru seindonesia yang mengajar matematika.
ayoooo bongkar gudang penyimpanan buku dan search di internet siapa tahu materi yang kita baca memberikan inspirasi dalam menyelesaikan soal nan persoalan pendidikan kita terutama menjawab tantangan di era globalisasi, jaman canggih. jamannya malas bergerak dan malas mikir bagi yang konsumtif.
Ayooooo aktifffffffffffffffffffffffff jangan pasifffffffffff
Terimakasih kawan atas perhatiannya terhadap kompetensi anda. semoga semakin mencerdaskan kehidupan bangsa.
Korektor Kotor Dalam Olimpiade
Korektor adalah pengoreksi sebuah hasil tes yang dilakukan oleh siswa dalam event apapun atau dalam rangka evaluasi belajar dari peserta didik dalam kurun waktu yang telah ditentukan oleh kurikulum. Korektor yang dimaksud disini oleh penulis adalah pengoreksi dari hasil lomba Olimpiade dengan cara Tes 20 soal pilihan ganda dan 10 soal essay.
Tekni melakukan koreksi biasanya dengan cara memenggal lembar jawab antara identitas dan jawaban siswa, yang sebelumnya secara manual diberi kode berupa angka. hal ini dimaksudkan untuk mengeliminir terjadinya kecurangan korektor yang berkepentingan terhadap lembar jawaban yang dikoreksinya.
Korektor olimpiade biasanya terdiri dari dua orang, hal ini dimaksudkan jika salah satu korektor melakukan kecurangan akan mudah dideteksi, meskipun diadakan pengkodean tetapi ada beberapa korektor yang sengaja menghapal bentuk tulisan peserta tertentu untuk kepentingan yang tidak sportif dalam kemenangan olimpiade.
Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman istri yang bertemu dengan trik curang dari rekan korektor dalam mengoreksi Olimpiade Matematika SMA Tingkat Kabupaten di tahun 2013.
Thursday, May 23, 2013
Juni 2013 pengurusan NUPTK dibuka lagi
NUPTK yang merupakan salah satu
data terpenting yang harus dimiliki seorang
PTK. Mulai bulan Juni mendatang, pengajuan
Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan
(NUPTK) baru akan diaktifkan kembali. Surat
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya
Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan
Penejaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-
PMP) Kemdikbud, dengan nomor: 5168/J1/
LL/2013 memberitahukan kepada LPMP
seluruh Indonesia bahwa layanan pemberian
NUPTK baru kembali diaktifkan.
NUPTK adalah adalah nomor identitas yang
bersifat nasional untuk seluruh Pendidik dan
Tenaga Kependidikan (PTK). NUPTK diberikan
kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-
PNS, dan baik dibawah binaan Kemdikbud
maupun Kemenag. NUPTK berhak dimiliki oleh
PTK yang meliputi: Guru, Kepala Sekolah,
Wakil Kepala Sekolah, Kepala TU, Staf TU,
Laboran, Pustakawan, Penjaga/Pesuruh, dan
Pengawas Sekolah yang memenuhi
persyaratan.
Untuk melayani kebutuhan NUPTK sebagai
syarat administratif untuk program-program
peningkatan mutu pendidik dan tenaga
kependidikan BPSDMPK-PMP meminta LPMP
untuk menugaskan seorang untuk menjadi
administrator SIMNUPTK yang bertanggung
jawab di LPMP dan seorang operator
SIMNUPTK yang bertanggung jawab yang
bertanggung jawab di Dinas Pendidikan Kab/
Kota setempat.
Surat Kepala BPSDMPK-PMP mengaktifkan
layanan pemberian NUPTK baru
Cara Pengajuan NUPTK Baru
Untuk mendapatkan NUPTK baru, pihak
sekolah atau PTK sendiri melakukan proses
pengajuan data yang secara online melalui
kantor Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
Data pengajuan NUPTK dinyatakan valid
setelah berkas PTK (hard copy) diserahkan
dan diterima Operator Pendataan NUPTK
Dinas Pendidikan Kab/Kota.
Berkas yang harus dilengkapi untuk
pengajuan NUPTK Baru:
1. Instrumen NUPTK (Download link berikut
http://www.4shared.com/office/smAngyRS/
formulir_nuptk_2012.htm )
2. SK. Awal / SK Akhir (GTT/GTY, SK Yayasan/
SK Bupati)
3. SK. Pembagian Tugas dari sekolah
4. Surat Keterangan Aktif Melaksanakan
Tugas
5. Ijazah terakhir Setelah bekas lengkap,
dibawa ke Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk
diserahkan kepada Operator Pendataan
NUPTK.
Setiap daerah mungkin saja berbeda urutan
atau berkas untuk pendaftran NUPTK baru.
Itulah gambaran secara umum cara
mendapatkan NUPTK baru, untuk lebih jelas
bisa bertanya atau mencari informasi di Dinas
Pendidikan Kab/Kota setempat.
^_^ Semoga Bermanfaat
http://caridata.blogspot.com/2013/05/
cara-pengajuan-nuptk-baru-2013.html