Sunday, May 26, 2013

Korektor Kotor Dalam Olimpiade

Korektor adalah pengoreksi sebuah hasil tes yang dilakukan oleh siswa dalam event apapun atau dalam rangka evaluasi belajar dari peserta didik dalam kurun waktu yang telah ditentukan oleh kurikulum. Korektor yang dimaksud disini oleh penulis adalah pengoreksi dari hasil lomba Olimpiade dengan cara Tes 20 soal pilihan ganda dan 10 soal essay.

Tekni melakukan koreksi biasanya dengan cara memenggal lembar jawab antara identitas dan jawaban siswa, yang sebelumnya secara manual diberi kode berupa angka. hal ini dimaksudkan untuk mengeliminir terjadinya kecurangan korektor yang berkepentingan terhadap lembar jawaban yang dikoreksinya.

Korektor olimpiade biasanya terdiri dari dua orang, hal ini dimaksudkan jika salah satu korektor melakukan kecurangan akan mudah dideteksi, meskipun diadakan pengkodean tetapi ada beberapa korektor yang sengaja menghapal bentuk tulisan peserta tertentu untuk kepentingan yang tidak sportif dalam kemenangan olimpiade.

Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman istri yang bertemu dengan trik curang dari rekan korektor dalam mengoreksi Olimpiade Matematika SMA Tingkat Kabupaten di tahun 2013.

No comments:

Post a Comment