Thursday, September 6, 2012

Penyebab Lemahnya Pemahaman Geometri SMP

Geometri merupakan materi matematika yang dianggap sulit untuk dipelajari maupun diajarkan karena harus melalui tahapan yang panjang dan boros waktu tentunya, memang bisa saja diajarlkan secara cepat, tetapi akan terkesan memaksakan ingatan daripada pemahaman.

Misalnya pada saat saya memberikan persoalan geometri sehari hari kepada siswa kelas 9 mendapat komentar miring dari guru non eksakta karena dianggap terlalu mudah untuk siswa smp, namun hasil dari tes sungguh mengejutkan karena 90% siswa mendapatkan nilai dibawah 40. Setelah wawancara ringan yang kami lakukan ternyata mereka terkecoh oleh rumus-rumus yang pernah dipelajarinya, bukan menggunakan logika geometri yang pernah dipelajarinya. Wawancara tidak hanya dilakukan pada siswa saja, melainkan juga mewawancarai beberapa orang tua siswa yang bependidikan SLTA tentang soal yang pernah dikerjakan anaknya, hasilnya adalah rata-trata mereka menganngap gampang/mudah.

Kejadian ini memuncukanl kesan hasil belajar geometri siswa hanya sekedar menghapal rumus belaka kemudian menggunakannya untuk menghitung jika ada persoalan yang sama persis seperti contoh soal maupun turunan rumus yang ada.

Penyebabnya bisa saja :

Guru tidak mengajarkan geometri sesuai kaidah yang ada sehingga to the rumus saja sehingga menggiring .

 

Introspeksi Pembelajaran (Guru)

Introspeksi Belajar (Siswa)

Introspeksi Sarana (Sekolah)

No comments:

Post a Comment